Tiga Fasilitas Transportasi London Di Teror Bom

Tiga Fasilitas Transportasi London Di Teror Bom

Tiga Fasilitas Transportasi London Di Teror Bom

Liputan168.com, Jakarta –┬áTiga Fasilitas Transportasi London Di Teror Bom

Tiga alat peledak improvisasi ditemukan secara terpisah di tiga fasilitas transportasi di London, Inggris. Scotland Yard, markas besar Kepolisian Metropolitan dan juga kepolisian teritorial yang bertanggung jawab atas kasus-kasus di London, meyakini bahwa ketiga paket ini dikirim oleh pihak yang sama.

Komando anti-terorisme Kepolisian Metropolitan (Met) meluncurkan penyelidikan setelah paket-paket itu ditemukan di ruang pos di stasiun kereta Waterloo, City Aviation House di bandara Kota London dan Compass Center di bandara Heathrow.

Polisi Irlandia membantu Met dalam investigasi itu, sebab dua paket di antaranya dibubuhi perangko Republik Irlandia, demikian menurut Garda Siochana –layanan kepolisian Republik Irlandia.

“Kami bekerja sama dengan jaringan kepolisian CT (penanggulangan terorisme) dan mitra kepolisian kami lebih luas,” kata Met yang dikutip dari The Guardian pada Rabu (6/3/2019).

Tiga Fasilitas Transportasi London Di Teror Bom
Tiga Fasilitas Transportasi London Di Teror Bom

Tiga Fasilitas Transportasi London Di Teror Bom

Sebuah sumber menambahkan meskipun dibenarkan bahwa paket-paket itu dikirim dari Irlandia para penyelidik tidak langsung menyimpulkan bahwa motifnya berasal dari para teroris di Irlandia. Met yakin siapa pun yang mengirim paket tersebut tidak bermaksud membunuh.

Amplop pos putih berukuran A4 yang berisi Jiffy bag (amplop tebal untuk mengirim objek yang rentan rusak bila dikirim menggunakan amplop normal) ditemukan mampu menyalakan api kecil ketika dibuka, Met menjabarkan.

Meski demikian, Met menyebut tidak ada penangkapan yang dilakukan dan penyelidikan masih berlanjut.

Amplop Jiffy, yang dikirim ke stasiun kereta Waterloo, alamat pengirimnya bertuliskan: Bus Eireann, Dublin. Akan tetapi, operator bus ini menegaskan belum ada pihak kepolisian yang menghubungi mereka.

“Bus Eireann saat ini tidak mengetahui insiden ini dan kami tidak ingin berkomentar lebih lanjut,” ujar seorang juru bicara Bus Eireann.

Sementara salah satu paket tersebut ditempeli perangko cinta dan pernikahan Irlandia, bertuliskan “Love Eire N”.

Serangan Demikian Sudah Ada Sejak 2001

Sebuah sumber keamanan Irlandia mengatakan kelompok “violent dissident republicans” adalah pihak yang diduga berkaitan dengan pengiriman ketiga paket tersebut, merujuk pada serangan bom surat sebelumnya yang menargetkan Inggris dan Irlandia Utara pada 2013 dan 2014.

“Yang disebut para pembangkang ini pernah mencoba hal serupa sebelumnya, ketika mereka mengirim paket bom ke pusat-pusat perekrutan tentara di Inggris dan tokoh-tokoh politik. Mereka gagal melakukan serangan seperti itu di Inggris sejak tahun 2001 dan ini adalah trik murahan yang menyebabkan teror di Laut Irlandia,” tambah sumber itu.

Di antara para politisi yang menjadi sasaran pada musim gugur 2013 adalah Menteri Luar Negeri Irlandia Utara saat itu, Theresa Villiers. Sebuah bom surat yang dilayangkan padanya ditemukan di ruang pos Kastil Stormont di luar Belfast, Irlandia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *